Mengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak

Mengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak

Mettakindo.comMengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak. Cara memilih trafo pengganti speaker aktif atau amplifier yang rusak ternyata dapat dengan mudah dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah voltase, amper, serta ruang yang tersedia di speaker.

Mengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak

Trafo yang terpasang pada speaker aktif merupakan trafo yang dirancang khusus secara maksimal untuk tujuan efisiensi, sehingga hanya terdapat satu voltase pada trafonya. Jika mencari trafo tersebut di pasar atau toko elektronik, tentu saja akan sangat sulit menemukan trafo yang persis sama dengan design trafo tersebut.

Untuk mengganti trafo yang rusak tersebut, kita tidak harus mencari yang persis sama dengan trafo yang ada. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli trafo yang bisa dipakai untuk mengganti trafo yang rusak tersebut.

Voltase Trafo Yang Mendekati Trafo Speaker Aktif

Umumnya trafo yang ada di pasaran dirancang untuk praktis. Artinya terdapat berbagai pilihan voltase yang dibuat supaya lebih flexibel. Namun, hal tersebut sekaligus menjadi kelemahan dari trafo tersebut.

Mengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak
Mengganti Trafo Speaker Aktif Yang Rusak

Trafo yang memiliki banyak pilihan voltase biasanya tidak semuanya dipakai. Umumnya trafo speaker aktif bekerja pada 20 volt-24 volt untuk ukuran 6 inch single maupun double. Sedangkan ukuran 5 inch biasanya hanya menggunakan voltase 15 volt Р18 volt.  Bila membeli trafo pengganti, sebaiknya mencari trafo yang memiliki voltase mendekati voltase tersebut.

Caranya :

Jika terdapat 2 buah trafo yang sama besar, yang satu volt tertinggi adalah CT32, dan yang satu lagi volt tertinggi adalah 24 volt, maka sebaiknya memilih jenis yang ke dua.

Alasannya :

Trafo dengan 32 volt biasanya memiliki kawat lebih kecil dibandingkan dengan yang 24 Volt. Jika kita membeli yang 32 volt, itu artinya hanya 2/3 kapasitas trafo yang kita pakai, padahal trafo tersebut mampu bekerja pada 32 volt. Namun jika kita memaksakan menggunakan 32 volt, tentu saja akan merusak rangkaian.

Amper Yang Mendekati Trafo Speaker Aktif

Kendati sulit untuk mengetahui amper yang sebenarnya dari sebuah trafo, kita dapat mengambil patokan dari ukuran trafo yang akan kita beli. Carilah ukuran trafo yang minimal sama dengan trafo speaker aktif yang mengalami kerusakan. Lebih besar bukanlah masalah, tetapi jangan melebihi kemampuan dioda terpasang. Dianjurkan beli yang sedikit lebih besar dari ukuran asal jika tidak bisa menemukan trafo dengan voltase paling tinggi yang sama.

Mengganti trafo speaker aktif yang rusak hanya perlu memperhatikan dua hal utama di atas. Perhatikan juga ruang atau tempatnya apakah bisa muat untuk trafo baru.

Share: